Cara Membuat HP Android Menjadi CCTV

Mengoprek atau memodifikasi gadget maupun smartphone memang hal yang sangat seru dan tidak ada habisnya, terutama pada HP/smartphone yang berbasis Android.  HP/smartphone Android sekarang ini telah dibekali segudang fitur serta aplikasi yang mampu merubah Android menjadi apa saja termasuk CCTV atau kamera pengintai. Jika biasanya smartphone tersebut hanya dibuat browsing, chatting, telepon dan lain sebagainya, kini perangkat Android bisa dimanfaatkan sebagai kamera CCTV yang pastinya berguna untuk anda. Tentu anda bertanya tanya, bagaimana cara membuat HP android menjadi CCTV.
Oleh sebab  itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah tutorial cara membuat HP android menjadi CCTV yang bisa diaplikasikan pada HP/Smartphone android jadul mulai dari Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich KitKat hingga android versi terbaru. Lantas bagaimanakah cara membuat HP android menjadi CCTV tersebut?
Salah satu developer telah mengembangkan sebuah aplikasi yang mampu mengirim rekaman video pada sebuah PC/Laptop secara langsung. Aplikasi tersebut bernama IP Webcam Pro, dimana dengan aplikasi tersebut anda bisa memantau rumah atau properti anda hanya dengan duduk didepan laptop/PC. Namun untuk bisa berhasil, anda harus melakukan beberapa setting terlebih dahulu.
Langsung saja untuk memulai cara membuat HP android menjadi CCTV silahkan simak tutorial di bawah ini.

Cara Membuat HP Android Menjadi CCTV
Peralatan Perang:
  • koneksi Wifi dengan kecepatan stabil sebagai server (bisa menggunakan fasilitas tethering dari HP android maupun menggunakan fasilitas free hotspot di rumah/kantor)
  • HP/Smartphone Android bekas yang tidak terpakai, minimal OS 2.2 atau yang lebih tinggi sebagai kamera CCTV
  • PC/Laptop sebagai monitor CCTV (Jangan khawatir jika anda tidak mempunyai PC/Laptop, anda bisa menggunakan HP/Smartphone Android lain sebagai alat memonitor CCTV tanpa PC/Laptop)
Setelah peralatan perang anda terpenuhi, kini saatnya melakukan setting dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini sebagai langkah pamungkas dalam artikel cara membuat HP android menjadi CCTV ini.
  1. Download dan Install aplikasi IP Webcam Pro pada Google Play Store secara langsung di HP/Smartphone Android anda. Ternyata di Google Play Store berbayar? Aha, jangan khawatir kami selalu punya solusi. Disini kami sediakan yang free alias gratis, anda bisa mengunduhnya dari link Klik Disini .
  2. Aktifkan Tethering Wifi Sharing di Hp/Smartphone Android sebagai server (jika anda tidak fasilitas free hotspot)
  3. Hubungkan PC/Laptop anda pada jaringan wifi yang telah anda buat
  4. Buka aplikasi IP Webcam Pro, akan muncul berbagai pengaturan anda boleh mengabaiknnya dulu.
  5. Skroll ke bawah anda akan menemukan tombol "Start server". klik tombol tersebut untuk mengaktifkan kamera CCTV di HP/Smartphone android anda.

  1. Klik tombol "How do I connect?" di bagian kiri atas layar. akan muncul pilihan seperti berikut:

  1. Pilih "I'm using Wi-fi router", setelah itu anda akan memperoleh alamat url yg berisi IP Address dan Port kamera CCTV anda


  1. Buka aplikasi browser di PC/Laptop anda (Mozilla, Chrome, Safari, UC, atau lainnya)
  2. Tuliskan alamat url tadi pada aplikasi browser anda. Contoh format penulisan: http://199.856.49.1:8080/
  3. Jika berhasil, anda akan masuk pada sebuah halaman browser untuk memantau kamera CCTV anda.
  4. Di halaman tersebut anda bisa melakukan beberapa setting disesuaikan dengan kebutuhan, yang terpenting anda memilih opsi pada video renderer dan audio playernya, kami biasanya dan selesai. Tampilan CCTV langsung muncul sesaat setelah anda memilih opsi video renderer dan audio player. 

Bagaimana, singkat dan mudah kan cara membuat HP android menjadi CCTV? Selamat Mencoba :)


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Membuat HP Android Menjadi CCTV"